Xauusd outlook. 3 June 2020

riokl

Moderator
Anggota Staf
Pesan
315
Skor
261
Xauusd. 3 Juni 2020
Semalam Gold terjadi penurunan lumayan besar dibanding pergerakan hari2 sebelumnya yaitu mencapai penurunan $23 sehari. Apa saja yang mendorong penurunan semalam dan apakah ini adalah awal penurunan ?
Berdasarkan pengamatan fundamental bagi saya penurunan disebabkan oleh 2 hal
1. Reaksi pasar dengan diterapkannya jam malam di amerika dengan harapan terjadi penurunan tensi kerusuhan.
2. Pelaku pasar saham US tetap bergerak optimis dengan melakukan pembelian sehingga ketiga index utama ditutup diteritori positif dengan dowjones diatas 1%.
Dua kondisi ini mendorong taking profit emas semalam. Bagi saya hal ini masih wajar karena gold sudah naik 4 hari berturut turut.
Namun sebagian trader ada yang menyatakan market berpotensi melanjutkan penurunan.
Secara pribadi saya blm menyimpulkan hal tersebut dgn beberapa faktor :
1. Dampak kerusakan ekonomi masih dapat berlanjut terutama untuk US ditambah kerusuhan beberapa hari yang sudah pasti akan mengganggu retail dan lapangan kerja.
2. Murahnya USD saat ini bukanlah faktor untuk penurunan Gold.
3. Sudah pernah saya sampaikan bahwa kenaikan ini adalah kenaikan rally yg sangat mungkin terjadi koreksi penurunan.
Lantas bagaimana menyikapi market hari ini ? Saran saya adalah wait and see untuk melihat penurunan ini apakah akan didukung faktor baru yang menyebabkan pelaku pasar melakukan fresh sell. Atau hanya taking profit dimana market akan kembali melanjutkan rallynya. Apa penentunya ? Hari ini penentunya. Jika harga mampu bergerak naik lebih dari separuh penurunan yaitu sekitar 1732 maka market berpotensi naik kembali . Apabila tidak mampu maka seperti saya katakan harus ada berita hari ini yang mendorong Turun baru dapat diikuti dengan Sell. Atau jika hari ini index futures wallstreet menunjukkan penurunan juga dapat dijadikan indikasi untuk Buy kembali.

#disclaimeron
 

Invesment Trade Calculator


Top