XAUUSD Weekly Outlook

riokl

Moderator
Pesan
194
Skor
193
XAUUSD Weekly Review
Gold bergerak naik $100 dalam seminggu untuk pertama kalinya sejak akhir Maret 2020.
Kita coba review, apa saja yang terjadi minggu lalu sebagai faktor fundamental pendorong kenaikan Gold. Walaupun beberapa faktor sudah saya tulis dalam ulasan harian kali ini kita akan coba lihat secara global:

1. Peningkatan kasus Covid baru (baik di dunia maupun Amerika) menunjukkan penambahan yang cukup besar, dimana dalam seminggu terjadi penambahan kasus baru diatas 1 juta untuk dunia dan diatas 500 ribu untuk Amerika.

2. Tingginya kasus Amerika dibanding negara-negara lain menyebabkan Dollar terus terjun dengan Dollar index menyentuh angka 94 dan kita semua tau bahwa XAU ditansaksikan dalam mata uang USD.

3. Ketegangan AS-Cina terus meningkat akhir akhir ini dengan permintaan AS kepada Cina untuk menutup kantor perwakilan di salah satu kota di AS dan ini membuat Cina meradang dan akan melakukan pembalasan.

4. Kebijakan stimulus tunjangan lanjutan kepada pengangguran Amerika masih belum ada kesepakatan antara pemerintah dan kongres yang mana akan di bahas minggu ini.

5. Hasil poling pemilu AS sementara menunjukkan incumbent tertinggal dengan 55% vs 40%. Dalam sejarah emas, jika incumbent kalah, pelaku pasar akan cenderung holding gold untuk antisipasi perubahan kebijakan.

Dari beberapa data diatas sepertinya gold masih akan berada dalam tren naik. Jika ada, penurunan mungkin hanyalah koreksi.
Kira-kira, hal apa yang dapat membuat market gold koreksi?
Kita akan ulas apa kondisi apa saja yg akan mempengaruhi pasar minggu depan.

1. Akan ada pembahasan perpanjangan tunjangan pengangguran warga AS yang saat ini mencapai angka 32 juta jiwa. Jika dilanjutkan, ada potensi gold naik kembali dan jika dihentikan ada potensi koreksi gold akibat kemungkinan akan terjadi penjualan emas untuk cash.

2. Rabu akan ada meeting Federal Reserve sekaligus pengumuman suku bunga. Untuk suku bunga sendiri sepertinya akan dipertahankan. Yang ditunggu, apakah ada terobosan baru yang akan disampaikan the Fed untuk mengatasi dampak krisis. Jika tidak ada, maka sekali lagi akan menimbulkan kekhawatiran yang berimbas kepada kenaikan gold.

3. Kamis akan ada GDP Amerika dengan forecast -34% sekali lagi. Jika angka GDP minus besar, akan semakin berat terhadap pemulihan dan ini merupakan booster lagi untuk emas.

4. Beberapa negara terus mengejar penemuan vaksin Covid-19. Jika ada yang cukup menjanjikan secara riil, mungkin juga bisa sedikit menarik koreksi gold walaupun hal ini masih butuh proses panjang.

Dari uraian diatas, jika kita buat dua kondisi besar (stabil vs instabil), maka dapat kita simpulkan kondisi instabil lebih dominan. Kita tahu bahwa untuk market Gold Instabil adalah Bullish.

Untuk memanfaatkan pasar tetap disarankan untuk mengambil Buy. Namun dengan harga yang cukup tinggi, Buy low mungkin lebih aman walau tidak dipungkiri yg beberapa hari terakhir Buy diatas juga tetap profit.
Apapun strategi entry market, saya tetap menyarankan untuk menjaga Money Manajemen yang ketat.

Semoga ulasan ini bermanfaat, untuk ulasan harian tetap akan saya post di FB atau Channel Telegram.

Salam Profit

Disclaimer:
Bahan ini telah diciptakan untuk tujuan informasi saja. Semua pandangan yang diungkapkan dalam dokumen ini bukan pendapat TraderHub.
 
Last edited by a moderator:

Invesment Trade Calculator


Top