XAUUSD - Weekly Outlook

riokl

Moderator
Pesan
90
Skor
112
XAUUSD - Weekly Review

Kita review sedikit pergerakan Gold (emas) minggu lalu. Minggu lalu, gold bergerak naik sekitar 1,55 % dibanding penutupan hari sebelumnya dengan pergerakan mingguan, low di 1742 dan high di 1779. Jika dilihat dari angka-angka kenaikan yang tidak terlalu besar, kita hanya bisa lihat bahwa pasar memiliki kekuatan untuk mencetak new high dengan menjebol angka psikologi 1765. Secara pergerakan mingguan, sementara kita menyimpulkan pasar memiliki kekuatan untuk naik. Apa saja yang menggerakkan emas minggu lalu sebagian besar digerakkan oleh kekhawatiran pelaku pasar akan serangan gelombang kedua Covid-19. Seperti beberapa kali saya tuliskan bahwa tren XAU (emas) adalah Bullish sampai ada berita Bearish. Hingga Jumat, sama sekali belum muncul kondisi yang mendorong perubahan tren.

Bagaimana dengan minggu ini:
1. Masih sama, tren masih bullish sampai ada berita tertentu yang merubah keadaan. (Bullish)
2. Kasus korona di Amerika belum menunjukkan penurunan, bahkan beberapa negara bagian mengalami peningkatan (Bullish).
3. Minggu ini adalah minggu yang padat dengan data ekonomi AS, hampir semua data diprediksi akan membaik (Bearish).
4. Federal Reserve (Bank Sentral AS) akan membahas stimulus pada hari Selasa (Bearish).
5. Cina akan mengesahkan undang-undang politik Hong Kong. Untuk hal ini, Amerika akan membatasi visa bagi pejabat Cina yang berperan dalam hal ini. Ini akan meningkatkan ketegangan Cina-AS (Bullish).

Jujur harus saya katakan minggu ini adalah minggu yang menegangkan untuk transaksi gold. Hal ini karena dari Senin hingga Kamis setiap hari ada event yang secara histori dapat mempengaruhi harga Gold.
Tapi secara jangka panjang, saya belum melihat ada kondisi yang akan merubah tren gold. Jika tren ini kuat maka akan mengejar angka 1820.
Ditengah ramainya kejadian minggu ini, action yang cukup bijak adalah Buy setiap ada penurunan.
Untuk hari Senin saya menyarankan jangan buy dulu kecuali harga menembus 1779 dan terjadi penurunan. Jika market bermain dibawah disarankan untuk wait and see bagaimana pergerakan Senin.
Psikologi pasarnya begini. Minggu ini banyak berita harusnya terbit, gold lambat dan orang berhati-hati. Tapi, jika Senin kuat maka dapat disimpulkan market tidak perduli dengan berita hari Selasa, Rabu, dan Kamis, itulah kekuatan pasar yg sesungguhnya.
Namun seperti biasa kita tetap akan mengulas Gold hari demi hari.

Salam Profit
Selamat beristirahat untuk pertempuran besok.

Disclaimer:
Bahan ini telah diciptakan untuk tujuan informasi saja. Semua pandangan yang diungkapkan dalam dokumen ini bukan pendapat TraderHub.
 
Last edited by a moderator:

Invesment Trade Calculator


Top