XAUUSD Weekly Outlook

riokl

Moderator
Pesan
90
Skor
112
XAUUSD - Weekly Review

Emas selama seminggu kemarin mengalami kenaikan tipis sekitar 0,6% dihitung dari harga penutupan minggu sebelumnya. Jika dilihat dari perjalanan seminggu sebenarnya gold tidak menunjukkan sebuah trend kuat baru pada hari Kamis dan Jumat terjadi break high 2 hari sehingga angka kenaikan seminggu tidak terlalu besar jika dibanding minggu lalu.

Hal ini terpengaruh juga oleh pasar saham global dimana dalam seminggu index Dow Jones sendiri tidak menunjukkan kekuatan naik seperti minggu-minggu sebelumnya dan bahkan hari Jumat market Dow Jones sendiri ditutup minus. Artinya dapat disimpulkan aksi jual saham dan berpindah ke emas terjadi pada minggu lalu.

Untuk minggu ini ada beberapa issue yang mungkin akan mempengaruhi emas secara fundamental yaitu:
1. Angka pertumbuhan kasus korona akan menjadi perhatian investor dimana seminggu terakhir terjadi peningkatan dibeberapa negara dan juga dalam negeri Amerika. Jika ini berlanjut minggu ini bisa saja optimisme pelaku pasar menipis terhadap perekonomian dan kembali berburu emas.
2. Pada hari Rabu IMF akan mengumumkan proyeksi pertumbuhan ekonomi dunia dan dari issue berkembang statement IMF selama ini cukup pesimis dan menyatakan ini adalah resesi terburuk yang belum pernah ada.
3. Hari kamis akan ada rilis data GDP Amerika.

Untuk Technical sendiri, sempat saya sampaikan bahwa chart D1 terjadi pola Triangle dan sempat break pada hari Jumat pada harga 1736 dan akhirnya sampai 1745. Jika kita melihat pola ini maka potensi gold untuk naik masih ada. Indikator lainnya juga saat ini berada pada posisi Bullish.

Fundamental sendiri seperti penjabaran diatas juga berada dalam kondisi Bullish.

Secara keseluruhan dapat kita simpulkan untuk trend saat ini market Gold adalah Bullish sampai ada kondisi Bear kuat.

Namun terkadang disaat pasar terlihat terlalu jelas bisa saja terjadi berlawanan terlebih dahulu oleh karena itu untuk memanfaatkan saya lebih menyarankan untuk buy disaat terjadi penurunan. Atau bisa mengikuti pelaku saham jika pelaku saham hijau kita diam dulu dan jika mereka mulai menjual kita ikut dengan Buy untuk Gold.

Selebihnya seperti biasa kita akan review gold hari per hari sesuai kondisi yg berkembang.
Salam Profit.

Disclaimer:
Bahan ini telah diciptakan untuk tujuan informasi saja. Semua pandangan yang diungkapkan dalam dokumen ini bukan pendapat TraderHub.
 
Last edited by a moderator:

Invesment Trade Calculator


Top