XAUUSD Weekly Outlook

riokl

Moderator
Pesan
194
Skor
194
XAUUSD Weekly Review

Gold (emas) minggu lalu mengalami kenaikan sekitar 2,7%. Ini setelah dikejutkan oleh data NFP yang sedikit kontrovesrsial minggu sebelumnya, penurunan Jumat dibalas dengan kenaikan yang hampir sama selama seminggu. Dari psikologi pasar sebenarnya terbaca bahwa Gold tidak memiliki kekuatan turun sampai dengan penutupan weekly (mingguan).

Namun kita lihat sedikit faktor2 yang menggerakkan gold minggu lalu:
1. Adanya nada pesimis The Fed (Bank Sentral AS) dipertengahan minggu serta signal mempertahankan suku bunga rendah sampai 2022 membuat pelaku kembali lagi ke safe-heaven. Tercermin juga dari penguatan safe-heaven lain seperti JPY dan CHF.
2. Penurunan market saham yg mencapai diatas 5% dalam seminggu juga mendorong kenaikan emas minggu lalu.
3. Kekhawatiran pasar akan gelombang kedua Covid-19 karena meningkatnya data kasus baru secara signifikan di Amerika.
4. Belum meredanya krisis sosial Amerika terkait meninggalnya Floyd juga memicu ketidakstabilan dan ini membuat aksi buy di market Gold.

Bagaimana untuk minggu depan ?
Secara pribadi saya memprediksi gold akan melanjutkan kenaikan dengan beberapa alasan :
1. Penurunan saham yang cukup kuat minggu lalu berpotensi melanjutkan penurunan akibat dari belum pulihnya ekonomi dan adanya ancaman gelombang kedua dari Covid-19.
2. Secara teknikal, beberapa indikator seperti Parabolic Sars D1. Ma H1 support mayor H1. Fibonacci 33% W1 semuanya indikator Bullish.

Untuk mengkonfirmasi prediksi ini kita lihat apakah Senin market akan bermain di wilayah 174x . Jika iya maka potensi keatas cukup besar.
Senin dan Selasa akan menjadi penentu tren jangka menengah. Dikarenakan pada Rabu, Powell akan memberikan testimoni mengenai pandangan ekonomi per-semester. Jika Senin dan Selasa menunjukkan kekuatan pasar maka kemungkinan itulah tren yang akan terjadi kedepan.

Kenapa? Pasar mengesampingkan testimoni Powell.
Namun, jika Senin dan Selasa bergerak lambat tanpa arah yang jelas, maka market menunggu apa yg dikatakan Powell dan akan dijadikan acuan oleh pasar.
Selebihnya saya lebih suka melihat Gold hari demi hari. Seperti biasa, ulasan harian akan saya post di Faceboo saya.

Disclaimer:
Bahan ini telah diciptakan untuk tujuan informasi saja. Semua pandangan yang diungkapkan dalam dokumen ini bukan pendapat TraderHub.
 
Last edited by a moderator:

Invesment Trade Calculator


Top