Xauusd weekly outlook

riokl

Moderator
Pesan
194
Skor
194
Selama seminggu Gold mengalami total penurunan sebesar 2,5 % dari penutupan minggu sebelumnya.
Apa saja yang menyebabkan penurunan Gold ? Selama seminggu kemarin market saham mengalami kenaikan yang cukup besar dan sebagai parameter pembanding untuk dowjones naik 6,5 % dan Dax Jerman naik 9,4 %. Pernah saya sampaikan dalam channel ini mengenai bagaimana korelasi antara pasar saham dan Gold. Dan kalau kita lihat dari angka penurunan Gold tidak terlalu tajam sampai hari kamis dan baru terjun di hari jumat setelah di boosting oleh NFP dan unemployment rate US bulan May yang angkannya diluar perkiraan yang tadinya diperkirakan negatif malah positif untuk NFP walau persentase pengangguran masih cukup tinggi yaitu diangka belasan %. Kenapa senin sampai kamis tidak begitu kuat walau saham rally hampir tidak ada koreksi ? Kalau teman2 mengikuti bahwa USD juga seminggu kemarin hancur dengan dollar index sudah menyentuh 96 hal ini saya kira yg menjadi faktor penahan penurunan untuk gold maka begitu jumat NFP bagus. Saham bagus dollar plus kita melihat bagaimana market gold bereaksi.
Ok itu adalah faktor yang mendorong pergerakan Gold minggu lalu.
Bagaimana dengan minggu ini ?
Sepertinya pergerakan Gold masih akan dipengaruhi faktor faktor diatas jadi saya sarankan untuk terus memantau perkembangan waktu kewaktu khusus gold ini mengapa ? Karena 2 aspek penggerak Gold berada dalam trend berlawanan dimana stock dalam trend naik sedangkan USD dalam trend turun .
Jika kita perhatikan jumat setelah NFP USD tidak menunjukkan gairah menguat terlalu jauh dgn data yg ada. Ada apa ? Kemungkinan besar market masih khawatir dengan dampak unjuk rasa yg tidak berkesudahan bahkan kemarin sabtu puluhan demonstran masih memadati sekitar white house menyampaikan tuntutan.
Informasi lain pada hari jumat terjadi Selloff untuk obligasi amerika. Apa artinya? Artinya pelaku pasar tidak tertarik lagi dengan investasi jangka panjang namun aman dan lebih memilih portofolio yg lebih beresiko dengan yield besar. Dan ini juga dapat berdampak orang meninggalkan gold.
Kesimpulan
1. Untuk memanfaatkan Gold coba perhatikan bagaimana market stock dan USD bergerak jika searah maka dapat action sesuai korelasi.
2. Jika senin bergerak lambat ada kemungkinan pasar akan menunggu meeting Fed hari rabu.
3. Secara Technical saat ini dalam posisi Bearish.
4. Untuk mencuri dimarket senin jika harga break low dan ada salah satu stock atau usd merah sepertinya Buy disana akan jadi moment yang bagus tapi hanya untuk daytrade tidak di hold.
Selebihnya kita akan ulas Gold perhari seperti biasa.

#disclaimeron
 

Invesment Trade Calculator


Top